Minuman Isotonik

Posted: November 1, 2009 in Usefull Info
Tags: ,

Apakah minuman Isotonik ituuu???

20080754849_minuman ionIsotonik terdiri dari dua kata, yaitu Iso artinya sama, dan tonik artinya tekanan. Tekanan yang sama artinya cairan di dalam minuman isotonik harus mempunyai tekanan yang sama yang terdapat dalam sel tubuh, dalam satuan Osmolaritas.

Sebuah minuman dikatakan isotonik jika dia mempunyai Osmolaritasnya sekitar 250 mOsm/L – 340 mOsm/L. Kandungan dalam minuman isotonik adalah elektrolit (Na+, K+, Ca2+,Mg2+, Cl-), sedangkan kandungan gula cukup rendah hanya 6%-7% per 100 mL-nya (rata-rata = kurang lebih 26 kkal/100 mL, kebutuhan orang dewasa = kurang lebih 2.100 kkal/hari). Gula dalam hal ini dibutuhkan untuk membantu mempercepat penyerapan elektrolit, dan sudah tentu kandungan yang terbanyak adalah air.

Jadi dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa isotonik sebenarnya adalah minuman yang aman karena kandungannya harus tepat dan terukur dan sudah pasti bermanfaat bagi tubuh. Untuk dapat diserap ke dalam tubuh harus mempunyai tekanan yang sama dengan sel tubuh tersebut.

MIMUMAN isotonik kerap dikonsumsi orang untuk menambah stamina. Namun, tahukan Anda bahwa isotonik juga akan berdampak buruk bagi kesehatan bila minuman penambah energi itu mengandung zat kafein. Demikian hasil penelitian Roland Griffiths sekaligus memperkuat penelitian sebelumnya yang dilakukan Johns Hopkins.
Griffiths meneliti 1.253 anak sekolah yang mengonsumsi minuman tersebut untuk meningkatkan stamina mereka. Para partisipan diamati seberapa sering mereka meminum cairan isotonik tersebut. Selain itu, kondisi mereka dipantau dengan pemeriksaan rutin.
Hasilnya, mereka yang mengonsumsi minuman energi yang mengandung kafein dalam dosis tinggi akan lebih berpotensi mengalami kerusakan fungsi organ tubuh.

Sebelumnya pada 2007, penelitian dilakukan terhadap 496 anak sekolah, 51% anak-anak mengonsumsi sedikitnya satu minuman penambah stamina tersebut dalam seminggu. Hasilnya, 29% dari mereka mengalami keguncangan jiwa. Sebesar 19% lainnya menderita gangguan jantung, seperti detak jantung yang tidak teratur.

Jadi, sekali2 boleh saja minum minuman isotonik tapi jangan berlebihan yaa…

Sumber

About these ads
Comments
  1. regsa says:

    dulu saya hampir kecanduan dengan minuman penambah stamina,kalo tidak meminum badan rasanya lemes.Akibatnya lambung saya berontak terkena sakit maagh :D.Sesuatu yang baik belon tentu baik bila dikomsumsi secara berlebihan… setuju saya dengan yang ini

  2. H Syarif Ys says:

    lalu, apakah minuman isotonik yang ada di pasaran seperti mizone, benar – benar dapat memberikan tambahan stamina.

    dan juga perlukah kita minum – minuman isotonik itu setiap hari?
    idealnya berapa?

    kan anak farmasi, jadi sekalian nanya deh bu..
    hehehe

  3. liew267 says:

    Yap,menang kalo ssuatu yg berlebihan ujung2x ga baik.. Tp dah g kecanduan lg kan? He..

  4. liew267 says:

    Kalo mengandung kafein n soda agak berbahaya,berdampak ke syaraf dan lambung.. Tp isotonik biasa dgnakan untuk menanggulangi dehidrasi /kurang cairan.. Yg penting jangan berlebihan aja,skali2 boleh laaah biar seger…. :)

  5. 71mm0 says:

    kalau pepsi blue ? :lol:
    lusa 2 botol, kemarin 1 botol, hari ini juga 1 botol :?: :D

  6. liew267 says:

    Naaa kd jara.. Sudah bersoda,ber-pewarna lg.. Kna skt perut lg ne,timbul kd nafsu mkn lg,wedew2..Ampih dah syg minum itu,teh kotak aja,hoho..

  7. Pancallok says:

    i luv air putih :lol:

  8. Bang Aswi says:

    Saya sendiri kurang suka dengan minuman isotonik yang berlabel suplemen. Saya lebih suka yang alami seperti kelapa muda yang sudah dari sananya isotonik. Kalau untuk mengganti cairan tubuh, lebih baik air putih atau bisa ditambah oralit. Air kelapa bahkan bisa digunakan sebagai pengganti infus jika darurat. Apakah suplemen isotonik bisa digunakan sebagai infus?

    • liew267 says:

      kalo infus memang syaratnya harus isotonik (memiliki tekanan osmosis sama dg cairan tubuh) biar bisa masuk ke tubuh, kalo g isotonik biasa menyebabkan penymbatan, pembengkakan, dll,, tapi tentunya yg namanya minuman tdk bisa untuk infus IV dan infus juga tdk bisa untuk diminum.. bisa sih kalo mau hehe..

  9. hasruL says:

    aku belum pernah tau rasanya minuman isotonik… :) padahal sering liat iklannya di TV.. setuju sma mas Pancallok… Minum air putih memang menyehatkan.. :mrgreen:

  10. alamendah says:

    Saya lebih suka air putih yang dimasak sendiri.
    Salam kenal

  11. iyoong says:

    kalau saya habis maen futsal langsung num mizone
    kalo sehari numnya 2 botol gimana ya ?? :D

  12. Wee Wee says:

    Maaf nih mau ikutan nimbrung yah…Kalau dibaca dari artikelnya mengenai definisi minuman isotonik, tapi akhir kata kok disamakan dengan energy drink sih?
    Kalau menurut saya penafsiran penelitian dari Rolland Griffiths dan Jhon Hopkins adalah salah. Maksudnya adalah apabila dalam minuman isotonik mengandung kafein akan seperti minuman energy drink. Oleh karena itu perlu diwaspadai karena tidak baik buat kesehatan, bisa menimbulkan ketagihan, jantung berdebar dll. Sedangkan kalau tidak mengandung kafein, maka fungsi minuman isotonik adalah sebagai pengganti cairan tubuh. Jadi yang perlu diperhatikan adalah zat tambahan dalam minuman isotonik yah.. :)

  13. ama parin bala adonara says:

    SYA Sih biasax minum POCARI sweet, N hasilx badaN seger ngga CAPEK, kerjaaN JDI LANcar, ikutan YOO…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s