Konsep Diri

Posted: March 5, 2009 in Lagi Bener :)
Tags: , ,

Fren, pada tau g sih apa itu konsep diri? Setiap orang pasti punya konsep diri, konsep diri berkaitan dengan bagaimana seseorang menilai dirinya sendiri. Setiap diri kita tuh punya kualitas dan karakter yg berbeda dengan orang lain. Apakah kita udah menyadari hal tersebut dan menghargainya?

Jika kita merasa nyaman dg diri sendiri berarti kita mempunyai konsep diri yg tinggi atau konsep diri POSITIF.

Percaya diri yg rendah adalah penyakit yg sering timbul di saat kita kehilangan konsep diri dan penyakit ini muncul akibat cara pandang negatif terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain. Selain itu nih fren, kehilangan konsep diri juga dapat mengakibatkan perasaan keterasingan dan krisis emosional.

Keterasingan timbul akibat memikirkan anggapan orang lain tentang diri sendiri secara berlebihan (sering ga ngerasa gitu? aq sering nih, hiks..), padahal neeh, apa yg orang lain fikirkan belum tentu bener kan? apalagi kalo belum ada bukti dalam bentuk nyata. Jangan menjudge anggapan orang lain dan bertanyalah pada diri kita sendiri.

Krisis emosional dipacu oleh konsentrasi yg berlebihan pada diri orang lain. Selalu melihat orang lain dan memikirkan segala kelebihannya kemudian membandingkannya dg diri sendiri akan menimbulkan berbagai tuntutan untuk menyamai atau bahkan mengungguli orang lain. Akibatnya, lambat laun perasaan ini akan mengurangi rasa percaya diri dan menimbulkan sikap yg justru merugikan diri sendiri.

Mengapa Konsep Diri Rendah?
Konsep diri yg rendah menunjukkan bahwa ada something wrong dg persepsi kita terhadap orang lain atau diri sendiri. Krisis emosional membuat kita marah dan tertekan karena tdk mampu bersaing dengan orang lain. Kita akan mengalami krisis percaya diri dan enggan menerima kenyataan hidup apa adanya. Keadaan seperti ini akan menghambat kita dalam mengeksplor potensi2 dalam diri kita..

Konsep diri yg rendah juga dipengaruhi oleh cara berfikir tentang persepsi orang lain terhadap kita. Sedikit saja orang lain menunjukkan perilaku yg tdk menyenangkan, kita langsung mengaitkannya dg pribadi kita. Padahal, jika konsep diri kita tinggi, kita akan memandang diri sendiri secara positif tanpa langsung mengaitkan perilaku/kemarahan orang lain dg pribadi kita. SO, sebelum memberikan respon terhadap kemarahan / perilaku orang lain, cari tau terlebih dahulu akar permasalahannya.

Pemikiran POSITIF terhadap diri sendiri membuat kita mampu berfikir dan bertindak secara lebih rasional dan adil terhadap diri sendir dan juga adil terhadap orang lain.
Konsep diri yg rendah juga uncul sebagai akibat dari kebiasaan mendengar pesan-pesan negatif. OKI (Oleh karena itu), dari kalimat yg kita ucapkan sehari-hari kepada diri kita sendiri, baik berkaitan dg kehidupan pribadi maupun lingkungan, kita dapat menilai konsep diri yg kita miliki.

Contoh pernyataan dan pertanyaan yg menunjukkan konsep diri rendah:
“Kenapa ya dia baik sama aku? pasti ada maunya deh..!”
“Kenapa aku g bisa dapat nilai lebih tinggi ya?”
“Kenapa harus ku coba lagi, toh pasti ga akan berhasil”
“tugas ku menumpuk, ga habis-habis, aku pasti keteteran dan stress!”
“Sikap dan perilaku seseorang sulit diubah, so, aku menerima keburukan diri apa adanya, toh orang lain akan maklum”
dan banyak lagi contoh lain, yg sering kita dengar atau bahkan kita ucapin, hayo ngaku deh…hehe..

Semakin sering kita mengucapkan kalimat2 tsb, maka semakin rendah konsep diri kita.

OKI lg nih teman-teman, jika mendapati diri kamu sedang berfikir atau menucapkan pernyataan negati, SEGERA KOREKSI dan ganti dg kalimat-kalimat positif, contohnya nih ganti kalimat negatif di atas dg kalimat positif di bawah ini, check this out:

“klo orang lain baik, so aku jg harus baik dong”
“apa pun hasil ujian ku, itu adalah cermin dari seberapa keras usaha ku”
“lebih baik mencoba dan gagal dari pada tdk berusaha sama sekali”
“tugas ku banyak banget, so aku harus manage waktu sebaik-baiknya”
“aku ga mau menyulitkan orang lain dg perilaku negatif ku, sebisa mungkin aku akan berubah”

Percakapan diri yg positif bersumber dari pemikiran dan sudut pandang yg positif terhadap berbagai hal yg ada di sekitar kita..Jika kita mampu mengendalikan pemikiran kita, demikian pula thd percakapan atau ucapan kita sehari-hari. YOU ARE WHAT YOU THINK YOU ARE….

SO, fren ayo kita berubah sama-sama…satu….dua…..tiga….BERUBAAAAAAAAH…

Sumber: Muslimah at Work, Eli Mulyadi, 2004

Comments
  1. iyoongpharmacy says:

    yeeaahhhh…..nice post…

    gua akan berubah Liw…*jadi Superman hahahaha😀

  2. liew267 says:

    Berarti aku jd super woman yus lah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s