Foto Caleg

Posted: March 9, 2009 in My Day
Tags:

Pemasangan spanduk atau apapun bentuk iklan pemilihan caleg sudah semakin ruwet saja. Sudah sering terlihat mata kita dimana-mana bertaburan bagai bintang dimalam hari, ceileee.. tapi pemasangan “iklan2” tersebut sudah menjadi tidak terkontrol, karena banyak yg terpasang di fasilitas2 umum dan membuat pemandangan jalan mjd “semakin indah”..

Yang dipajang biasanya adalah foto caleg dg gambar partai yg diusungnya serta nomor urut sang caleg..Asik juga sih merhatiin gaya2 sang caleg tsb, udah kaya foto model aja😛

Umumnya foto mereka berpose “Pas Foto” yaitu pose resmi, dg badan tegap, baju rapi, rambut klimis, sedikit senyum,,,wuih..jadi terlihat bherwibawa kan?? Tapi ternyata ada juga yg ber-pose “narsis” yaitu kepala sedikit dimiringkan dan senyum yg lebar dan tidak jarang dg tangan dalam posisi hari lebaran (tangan bertangkup didepan dada)… N ada juga yg berpose layaknya foto “prewedding”, yaitu dengan kostum kebaya dan jilbab yang berhisa bunga2..

Sebenarnya sih sah-2 saja beriklan dg berbagai pose tersebut soalnya itu kan hak mereka buat menarik perhatian pemilih, yang jadi permasalahan sekarang adalah pemasangan spanduk atau iklan tsb sudah tidak teratur dan membabi buta tanpa memikirkan dengan seksama berbagai terlebih dahulu apakah lokasi pemasangan tersebut layak atau tidak, mengangu warga atau tidak, dan pertibangan lainnya.

Ternyata bukan di Kota sekitar saya saja terjadi hal seperti ini, di televisi juga sering diberitakan bahwa di kota2 lain mengalami kejadian yang sama. Ada yang dipasang hinga menutupi traffic light, rambu2 jalan, dan fasilitas lainnya.

Apakah strategi promosi caleg ini sebaiknya diganti dengan kegiatan lain yang lebih merakyat? Sehingga rakyat lebih mengenal caleg-nya bukan hanya melalui gambar dan nomor.. tidak ada maksud apa2 dalam posting ini, Just an opinion.. What about u?

Comments
  1. Miyu_ says:

    yahh.. gag papa lah…. saia memaklumi sajjah..

    mungkin para caleg tsb,, punya kadar kenarsisan tinggi seperti kita2.. hkwkwkwkw….

  2. wajar laahhh….kan mao dikenal sang pencobLos…..eh salah penconteng Geto !! heehee😀

    hmmm…mungkin dampaknya ntar……tgl 9 april 09.,
    semakin Lebarnya kertas pemilu, semakin tambah ruwet milihnya….khususnya buat warga indonesia yang belum paham mngenai proses pemilu nanti….
    menurut survey yg saia ketahui., 1 orang pemilih bisa2 menghabiskan waktu sekitar 15 menit..*wew waktu yg sangat lama berada didalam bilik suara hehehew :D…

    yaahh….mudah2n saja sukses buat pemilu April 2009 ini…

    and then peran serta pemerintah dan masyarakat yg terkait harus berjuang dalam sosialisasikan mengenai tata cara pemilu nanti…

    naahh….gimana menurut elo Liw., ???
    jgn2 kmu belom paham lagi mekanismenya ??? ckckckck😛

  3. liew267 says:

    @ Miyu: Yup, mungkin saja begitu saudari mia..hihi😀

    @ iyooong: Sorry ya, saia udah paham donk mekanismenya, kan udah cukup banyak diberitakan di tivi,,saia sangat setuju dg pendapat anda itu Mr. Iyoong..banyak masih warga yg belum paham betul tata cara pemilu yg terbilang cukup baru (contreng), khususnya daerah2 yg terpencil dan luput dari jangkauan sosialisasi.. <– wew ko’ jd serius nih? hehe.. g pa2 lah, apa salahnya sekali2 kita sbg mahasiswa (yg katanya kritis) memikirkan nasib bangsa ini ke depannya <– jadi selama ini g mikir ya?😛

  4. liew267 says:

    Eit,, baru liat di tipi nih, katanya salah satu pengamat politik neeh: peasangan beitu banyak foto caleg dg berbagai pose merupakan salah satu bentuk pembodohan terhadap rakyat coz rakyat ditawarkan foto dan gaya saja bukan ditawarkan tujuan demokrasinya…Gitu jer teman2 ae

  5. vipit says:

    iyah bu.. mpe bngung saia dbuatnya.. trus soal pmbodohan ntu saia sdikit bnyk stuju.. cz spt kata2 dont judge the book from the cover (bener kga nih?? pokoke ngerti deh.. wkwkwkkwkw.. ktauan bodonya nih saia)..

    lagian kacian jg sih m caleg2 nih,, mereka pasti beban moralnya tmbah bnyk.. selain beban finansial jg.. yg jelas gmna pun keadaanya nnti,, jgn pernah GOLPUT.. okeh???
    Negara kita kan belajar demokrasi jg skg,, jgn lgsung di bikin dpwn dgn aksi GOLPUT..
    hehehehheehehhe~~~~~~~

  6. liew267 says:

    oke deh mbak pipit yg juga kritis sama keadaan kita sekaran ni,, (ceileee bahasanya) khuhuhuhuu…

  7. bearti dari PENDAPAT kalian semua, bisa saya press menjadi:
    “Siapa Yg conteng, kena dampak pembodohan”

    hahahaha :D….
    hayooo gimana ???😉

  8. liew267 says:

    bukan gettto mas iyoooooonggg…..
    tapi kurangnya pengenalan scr pribadi thd para caleg itu (kecuali nama n foto) bikin kita tidak punya (baca: bingung) untuk memilih…saran u/ pemilu berikutnya sebaiknya sosialisasi lebih lama misalnya satu tahun berikutnya dg cara para caleg mengadakan diskusi terbuka dg masyarakat shg masyarakat lebih “mengenal” dg calon wakil yg akan dipilihnya…jangan sampai kaya beli kucing dalam karung eh setelah dibuka malh isinya ular..hiiiii…
    kaya kita pemilu hima aja, harus mengenal dulu sapa2 calonnya secara pribadi dan akhirnya membantu kita buat membuat keputusan u/ memilih… duh ai lah, bisa jua serius nah.. si yus ni pang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s