SECANG (Caesalpinia sappan L)

Posted: March 22, 2009 in Obtra
Tags: , , , , ,

Klasifikasi tanaman

Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Dicolyledonae

Bangsa : Resales

Suku : Cesalpiniaceae

Marga : Caesalpinia

Jenis : Caesalpinia sappan L

Deskripsi

Secang (Caesalpinia sappan L) merupakan perdu yang umumnya tumbuh di tempat terbuka sampai ketinggian 1000 m di atas permukaan laut seperti di darah pegunungan yang berbatu tetapi tidak terlalu dingin. Tingginya 5 – 10 m. Batangnya berkayu, bulat dan berwarna hijau kecoklatan. Pada batang dan percabangannya terdapat duri-duri tempel yang bentuknya bengkok dan letaknya terebar.

Daun secang merupakan daun majemuk menyirip ganda dengan panjang 25 – 40 cm, jumlah anak daunnya 10 -20 psang yang letaknya berhadapan. Anak daun tidak bertangkai berbentuk lonjong, pangkal rompang, ujung bulat, tepi daun rata dan hampir sejajar. Panjang anak daun 10 – 25 mm, lebar 3 – 11 mm dan berwana hijau.

Bunga secang adalah bunga majemuk berbentuk malai, bunganya keluar dari ujung tngkai dengan panjang 10 – 40 cm, mahkota bunga berbentuk tabung berwarna kuning. Buah secang adalah buah polong, panjang 8 – 10 cm, lebar 3 – 4 cm, ujung seperti paruh berisi 3 – 4 biji, jika masak berwarna hitam. Bijinya bulat memanjang dengan panjang 15 – 18 mm dan lebar 8 – 11 mm, tabalnya 5 – 7 mm, warnanyya kuning kecoklatan. Akar secang adalah akar tunggang berwarna coklat kotor.

Kandungan Kimia

Daun dan batang secang mengandung saponin dan flavonoid. Selain itu daunnya mengandung polifenol dan 0,16% – 0,20% minyak atsiri, batang/kayunya mengandung tanin, asam galat, resin, resorsin, brasilin, brasilein, d-alfa-phellandrene, oscimene, dan minyak atsiri.

1. Saponin

Saponin mengandung aglykon polisiklik yang khasnya adalah berbuih saat dikocok dengan air. Kemampuan berbusa saponin disebabkan oleh bergabungnya saponegin nonpolar dan sisi rantai yang larut dalam air. Saponin menyebabkan rasa pahit pada tumbuhan seperti secang.

2. Flavonoid

Flavonoid merupakan golongan senyawa bahan alam dari senyawa fenolik yang banyak merupakan pigmen tumbuhan. Fungsi kebanyakan flavonoid dalam tubuh manusia adalah sebagai antioksidan. Antioksidan melindungi jaringan terhadap kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang berasal dari proses-proses dalam tubuh atau dari luar, dan memiliki hubungan sinergis dengan vitamin C (meningkatkan efektivitas vitamin C).

Dalam banyak kasus, flavonoid dapat berperan secara langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi dari mikroorganisme seperti bakteri atau virus.

3. Polifenol

Polifenol memiliki tanda khas yakni memiliki banyak gugus fenol dalam molekulnya. Pada beberapa penelitian disebutkan bahwa kelompok polifenol memiliki peran sebagai antioksidan.

4. Minyak atsiri

Minyak atsiri, atau dikenal juga sebagai minyak eteris (aetheric oil), minyak esensial, serta minyak aromatik, adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Beberapa jenis minyak atsiri digunakan sebagai bahan astiseptik internal dan eksternal, untuk bahan analgesic, haemolitic atau sebagai antizymatic serta sebagai sedavita dan stimulans untuk obat sakit perut.

5. Tanin dan Asam Galat

Tanin adalah komponen zat organik yang sangat komplek dan terdiri dari senyawa fenolik yang mempunyai berat molekul 500 – 3000, dapat bereaksi dengan protein membentuk senyawa komplek larut yang tidak larut. Tanin bersifat sebagai antibakteri dan astringent atau menciutkan dinding usus yang rusak karena asam atau bakteri. Kadar tanin ekstrak kayu secang yang diperoleh dengan perebusan selama 20 menit adalah 0,137%

Tanin dan asam galat dalam secang diduga berperan dalam menghentikan pendarahan.

6. Brasilin

Basilin/brazilin adalah golongan senyawa yang memberi warna merah pada kayu secang dengan struktur C6H14O5 dalam bentuk kristal berwarna kuning sulfur, larut air dan berasa manis, akan tetapi jika teroksidasi akan menghasilkan senyawa brazilein yang berwarna merah kecoklatan. Brazilin merupakan senyawa antioksidan yang mempunyai katekol dalam struktur kimianya. Berdasarkan aktivitas antioksidnnya, brazilin diharapkan mempunyai efek melindungi tubuh dari keracunan akibat radikal kimia. Brazilin juga diduga mempunyai efek anti-inflamasi.

Streuktur Brasilin:

180px-brazilin1

Comments
  1. neka says:

    haayy,,thx ya infonya ttg kayu secang,,
    thx bgd,,lam kenal ja,,
    salam farmacy,,
    ^_^

  2. fika says:

    sai,, tolongin aq dunk kasi tau OL about daun salam (plus kandungan kimia, manfaat, trutama fungsinya sebagai antibakteri dan antijamur) dan OL about lidah buaya (plus kandungan kimia, manfaat, n fungsinya sebagai antijamur dan antibakteri)… plis plis,, tolongin aq,,, buad tambahan refrensi skripsi nieh… tenkiu tenkiu

  3. maratus says:

    Assalamu’alaikum. Wr.Wb,
    Saya ada sedikit problem dengan skripsi saya tentang minyak atsiri daun secang, kira2 anda dapat memberikan informasi tentang kandungan minyak atsiri kayu secang … saya sudah mencari diberbagai jurnal tetapi belum dapt saya temukan… termakasih atas jwbanya…
    Wassalam.

  4. shinta says:

    ehmmmm” mAkasih aTas iNformaSie’a………….
    ^o^ by tha bArfamsS

  5. mia says:

    bagaimana cara membudidayakan tanaman pohon secang secara bonsai.karna yang saya tahu pohon secang jarang dibudidaya oleh masyarakat.

  6. yayuk says:

    mbak…mksih
    infony
    slm knl,,,
    klo bisa ditmbh referensi tntang kayu secang ini donk…
    mksih

  7. izai says:

    ka,,,,ngopy artikelnya lah………hehehehehehehe

  8. lenny says:

    thankssssss kakaaaa….bwt tugas niii

  9. syam says:

    makasih.. infonya…

    salam kenal salam farmasi..

  10. sripangestuti says:

    apakah kayu secang berguna untuk pewarnaan pada batik ? bagaimana cara ?

  11. Alex says:

    berapa persen (%) kandungan secang itu dan apa aja?
    trima kasih….

  12. amelia says:

    thanks.. bisa gak minta literaturnya

  13. arsil says:

    makasi info nyaaa🙂 ijin copas yaaa, buat tugas nih

  14. restu says:

    mba aku blh mnta data secara lengkap kl bisa semua tentang serbuk daun secang,,untuk dibuat formula tablet hisap…

  15. […] SECANG (Caesalpinia sappan L) March 200925 comments 5 […]

  16. 666 says:

    thank’z liew267,….
    artikel mu mbantu tugas akhir ku tentag kandungan secang “Brazilin”,….
    sukses truz bt 267,….
    salam 13 dari ku 666……

  17. Agus says:

    Saya sekeluarga sdh membuktikan sendiri khasiat rebusan kayu secang,,dahsyat untuk mengobati kebugaran badan,,hilangnya sakit pegal2,skt pinggang,skt kepala,maag,karna kedahsyatannya bisa jdi untuk semua penyakit,,bgi teman2 biasakan minum scang setiap hari,,gantilah teh dgn secang ,,,insyaallah akan merasakan faedahnya,,amiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s