Nyontreng

Posted: April 9, 2009 in My Day
Tags: , , ,

9 April 2009,, HHeeemmmmm… Hari penting nih buat nentuin nasib bangsa kita..

Hari ini berawal dari perjalanan “singkat” saya dari Banjar baru ke Pelaihari, maklum masih pake KTP Pelaihari, so harus mudik dulu buat nyontreng,.. di Perjalanan masih mikir nih mo nyontreng apa dan siapa..

nyampe di Plh (pelaihari),, <istirahat bentar> trus berangkat ke TePeeS, bareng keluarga (setelah menadap masukan2 yg berarti tentunya) hihi:mrgreen:

Ternyata eh ternyata, ditengah hari yg terik panasa menggantang (lebay), no antrian saya205, sedangkan yg sedang berjalan baru no 150an, huaaa gubrakkk.. lama betul antrinya.. ya udah lah sabar ya buuuu… Sembari menunggu di tengah panasnya hari dan hausnya tenggorokan, asik juga nih merhatiin warga komplek berdiskusi menjelang nyontreng..

Ternyata (lagi nih), masih banyak warga  (umumnya ibu2) yang masih belum tau dan bingung mo milih apa dan siapa, bingung karna kertasnya banyak, bingung berapa bnyak tahap, bingung membedakan yg mana DPD sama DPRD pusat, trus DPRD kabupaten sama Provinsi.. Ga sedikit juga warga yg setelah melihat contoh kertas suara yg terpampang  di tenda TPS, baru tau nama2 calegnya dan mulai mengenal caleg2 tersebut. Sambil liat2, saya sambil nguping (hihi) mereka baru nyadar kalo ada orang2 yg mereka kenal jadi caleg..

berbagai kutipan seperti ini terlontar:

” wah ternyata pak RT kita juga caleg ya” (<–gubrakk)

“oo,, istrinya pak anu jadi caleg toh”

atau

“pilih ini aja bu, ini temennya temen tetangga saya loh”

Setelah saya perhatikan, kesiapan dan kemantapan para pemilih dapat dilihat dari seberapa lamanya pemilih berada di dlam bilik (metode penelitian dari mana tuh)..

  • Untuk pemilih yang sudah siap dan punya tujuan yang ingin dicontreng umumnya berada di bilik  dalam waktu kurang dari 5 menit ( tapi option ini juga bisa berarti ga milih saking bingungnya :O )
  • Untuk pemilih pemula (baru sekali milih), perlu beberapa menit lebih lama ditambah dengan tanya kiri/kanan gimana caranya dan bergumam sedikit bingung
  • Untuk pemilih yg bingung (belum siap) memakan waktu lama dalam bilik, seperti masih menelusuri nama2 yg banyak itu, trus karena lama jadi gugup (coz ditungguin banyak orang) n ga jarang ada yg kesusahan melipat kembali kertas suara..

begitulah hasil pengamatan saya sambil makan es krim (habis panas banget cuacanya), bahkan ada ibu2 yg jadi makin bingung setelah keluar dari bilik suara, beliau kembali lagi ke bilik katanya “kacamata saya ketinggalan” padahal tuh kacamata dah di pake, hihi..ternyata tempat kacamatanya yg ketinggalan di bilik, ibu ibu,, hehe..

Jadi, apa yg salah dengan sistem pemilu kita sekarang?? Too much choice too much confuse..

Lihat juga Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

Comments
  1. Kha Az says:

    hmmm…. lama yah… di bilik asyik sih, serasa gimana getoooo…. terus sempat kepikir foto2 dibilik (ato di fotoin) ..hohohoho….

    • liew267 says:

      hahaha.. sempatnya mikir befoto zhar? ku malah penen cpat2 pulang, panar betul harinya, hehe.. semoga yg telah kita lakukan memberi konstribusi pada kemajuan bangsa (Cieeeee..)

      Amin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s