Skripsi untuk Kesabaran (Skripsi part 2)

Posted: October 22, 2009 in My Day

Hemmm… Sebagai mahasiswi yg berjuang untuk kelulusan S1 Farmasi Unlam,, saya banyak sekali mendapat pelajaran dalam pengerjaan tugas akhir, bukan pelajaran yg bersifat akademis tapi juga yang bersifat mental dan spiritual🙂

Satu yang hal yg hampir pasti bisa saya pastikan dari perjalanan tugas akhir ini adl: Masa studi untuk seorang S1 Farmasi tidak selalu ditentukan oleh nilai IPK yg relatif tinggi,, sebagai contoh saja, pada saat semester 7 dan 8 dari angkatan pertama farmasi UNLAM sekitar separo-nya telah mengambil Skripsi untuk menyelesaikan pendidikan.. Pada awalnya memang terlihat secara umum bahwa IPK mereka tidak bisa dibilang mengecewakan, maka orang2 akan melihat hal tersebut adalah hal yg wajar..

Seiring berjalannya waktu, maka dijalani lah semua proses Tugas akhir atau skripsi tsb, mulai dari penyusunan proposal, seminar proposal, pengerjaan penelitian, seminar hasil, sidang akhir.. sampai pada seminar proposal semuanya masih bisa berjalan beriringan. Pada saat pengerjaan penelitian, barulah perjalanan mahasiswa skripsi mulai berbeda dengan mahasiswa lainnya. Untuk kelancaran mengerjakan tugas akhir ini, bahkan saya tidak mengambil mata kuliah lagi selain MK Skripsi 2, begitu juga dg sebagian teman2 saya yg lain. Namun, setiap perjalanan yg dilalui pasti dan akan selalu ada hambatan2 yg tidak bisa dihindari kedatangannya..

Dan seiring berjalannya waktu (lagi), sampailah pada suatu titik di mana separo dari yg mengambil tugas akhir ini dapat menyelesaikan penelitian tepat pada waktunya, lewat sedikit, lewat banyak, dan belum selesai. Hal ini terjadi BUKAN karena mereka yg agak terlambat ini rekos MK, malas, dan tidak mengerjakan.. Tapi dikarenakan faktor2 hambatan yg tidak bisa dicegah muncul di tengah jalan, apa boleh buat?? manusia hanya bisa berencana dan berusaha, tapi Tuhan berkehendak..

Comments
  1. Hilal says:

    sabaar… memang kudu sabaar…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s