Obat Bebas dan Bebas Terbatas

Posted: November 18, 2009 in Dunia Farmasi, Usefull Info
Tags: , ,

Obat bebas adalah obat yang bisa dibeli bebas di apotek, bahkan di warung, tanpa resep dokter, ditandai dengan lingkaran hijau bergaris tepi hitam. Obat bebas ini digunakan untuk mengobati gejala penyakit yang ringan. Misalnya : vitamin/multi vitamin.

Sedangkan Obat bebas terbatas (dulu disebut daftar W) adalah obat-obatan yang dalam jumlah tertentu masih bisa dibeli di apotek, tanpa resep dokter, memakai tanda lingkaran biru bergaris tepi hitam. Contohnya, obat anti mabuk , anti flu. Pada kemasan obat seperti ini biasanya tertera peringatan yang bertanda kotak kecil berdasar warna gelap atau kotak putih bergaris tepi hitam, dengan tulisan sebagai berikut :

  • P.No. 1: Awas! Obat keras. Bacalah aturan pemakaiannya.
  • P.No. 2: Awas! Obat keras. Hanya untuk bagian luar dari badan.
  • P.No. 3: Awas! Obat keras. Tidak boleh ditelan.
  • P.No. 4: Awas! Obat keras. Hanya untuk dibakar.
  • P.No. 5: Awas! Obat keras. Obat wasir, jangan ditelan

Memang, dalam keadaaan dan batas-batas tertentu; sakit yang ringan masih dibenarkan untuk melakukan pengobatan sendiri, yang tentunya juga obat yang dipergunakan adalah golongan obat bebas dan bebas terbatas yang dengan mudah diperoleh masyarakat. Namun apabila kondisi penyakit semakin serius sebaiknya memeriksakan ke dokter. Dianjurkan untuk tidak sekali-kalipun melakukan uji coba obat sendiri terhadap obat-obat yang seharusnya diperoleh dengan mempergunakan resep dokter.

Apabila menggunakan obat-obatan yang dengan mudah diperoleh tanpa menggunakan resep dokter atau yang dikenal dengan Golongan Obat Bebas dan Golongan Obat Bebas Terbatas, selain meyakini bahwa obat tersebut telah memiliki izin beredar dengan pencantuman nomor registrasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Departemen Kesehatan, terdapat hal- hal yang perlu diperhatikan, diantaranya: Kondisi obat apakah masih baik atau sudak rusak, Perhatikan tanggal kadaluwarsa (masa berlaku) obat, membaca dan mengikuti keterangan atau informasi yang tercantum pada kemasan obat atau pada brosur / selebaran yang menyertai obat yang berisi tentang indikasi (merupakan petunjuk kegunaan obat dalam pengobatan), kontra-indikasi (yaitu petunjuk penggunaan obat yang tidak diperbolehkan), efek samping (yaitu efek yang timbul, yang bukan efek yang diinginkan), dosis obat (takaran pemakaian obat), cara penyimpanan obat, dan informasi tentang interaksi obat dengan obat lain yang digunakan dan dengan makanan yang dimakan.

dan jangan lupa juga, bertanya kepada Apoteker anda.

Penggolongan Obat di Indonesia lihat di sini

Comments
  1. […] Bebas. Obat bebas ditandai dengan lingkaran berwarna hijau dengan tepi lingkaran berwarna hitam. Obat bebas umumnya berupa suplemen vitamin dan mineral, obat gosok, beberapa analgetik-antipiretik, dan […]

  2. the riza de kasela says:

    Udah pernah nyoba obat segala penyakit Neng?
    “Sesungguhnya pada Habbatussauda itu terdapat obat bagi segala macam penyakit, kecuali kematian”. (HR. Bukhari – Muslim)
    Untuk pemesanan habbatussauda ORGANIK “Samawi Herbal” dapat langsung meluncur ke http://rizaherbal.wordpress.com/

  3. Hilal says:

    Awas obat terlarang… waspada//. waspada//😀

  4. iyoong says:

    P.No. 6: Awas! Obat Online. Hanya untuk Pengguna Inet..😀

  5. liew267 says:

    awas obat janggut, oles ditempat yg benar😛

  6. GeLza says:

    kalo saya sering minum amoxicillin…. (bener ga tu tulisannya???)

    • liew267 says:

      jangan terlalu sering mas kalo ga ada infeksi..nanti bisa resisten (kebal) bakterinya..🙂 antibiotik hanya untuk infeksi bakteri aja ya,,kalo cuma flu atau demam istirahat yg banyak aja n minum parasetamol ja *jadi kaya konsultasi ya..hehe..*

  7. the riza de kasela says:

    urang banjar kah sakalinya?
    Hahaha………
    ______________________________________________
    Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/

  8. Seneng banget ketemu blog farmasis😀
    *peluk-peluk*

  9. omiyan says:

    kalau saya lebih memilih obat herbal hehehe

    kunjungan balasan

  10. wah baru tau bedanya, dulu taunya cuma obat yang mudah dibeli sama yang belinya ribet!

  11. Menarik juga nih penjelasannya…
    Kalo saya beli memang kurang memperhatikan peringatan tsb, yg jelas kira2 cocok ya beli… tapi saya lebih suka obat herbal.

  12. liew267 says:

    obat herbal juga bagus, tapi ingat2 juga keamanan buat ginjal kita🙂

  13. […] Obat bebas terbatas (daftar W = waarschuwing = peringatan), dengan lingkaran berwarna biru serta diberikan tanda peringatan. […]

  14. vita says:

    Salam kenal mbak, tulisannya bermanfaat banget, boleh tau nggak obat yang biasa dilarang untuk ibu hamil apa aja sich/ yang mengandung unsur apa aja

  15. […] Obat bebas terbatas (daftar W = waarschuwing = peringatan), dengan lingkaran berwarna biru serta diberikan tanda peringatan. […]

  16. […] Obat Bebas dan Bebas Terbatas November 200923 comments […]

  17. cwy imyuzt says:

    mbak… bngung nie. ad bbrp vitamindg tanda lingkar biru (boleh sebut merek gak ya). setauq vitamin bknnya termsuk bebas bertanda lingkar hijau..? . trs ad obat flu yg bertanda lingkar hijau, pdahal d dlm nya ad kandungan cafein.. setauq obt flu trmasuk bbs terbatas dg tanda lingkar biru. klo kyak gtu pengelompokan obt bebas am bbs terbatas berdasarkan ap dunk?

    • liew267 says:

      klo ky gitu penggolongannya bisa berdasarkan dosis, kalo vitamin kan sebenarnya suplemen tapi klo dosisnya besar bisa di anggap obat jd golongannya bukan suplemen lagi. Kalo g salah sih gitu😀

  18. […] Obat merdeka terbatas (daftar W = waarschuwing = peringatan), dgn lingkaran punya warna biru juga dikasihkan tanda peringatan. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s