Pahat-pahat

Posted: January 7, 2010 in coba-coba
Tags: ,

Bukan patah-patah loo.. dah lama banget saya ga makan pahat-pahat.. Hayo pada tau ga apa tuh pahat-pahat..nahhh kebetulan beberapa hari yg lalu pas ke tempat acil tante ku eh dia ada stok pahat2 waaawww… langsung deh dimasakin.. horeeee…!!!

Pengenalan dulu deh buat yg ga tau pahat2.. Pahat2 atau pepahat itu sejenis siput *atau kerang ya?* yg hidupnya di pasir pantai atau sungai.. Bentuknya dilihat dari jauh seperti buluh paring (baambu kecil) yg dipotong2 kecil.. yaitu terdapat cangkang persegi panjang yg transparan mengatup sperti pada kerang.. sudah saya fotokan:

Setelah googling bentar saya jadi tau kalo pepahat ini lebih dikenal di Malaysia *ga dapat artikel dr Indonesia*.. Di sana disebut juga siput buluh atau ambal <aneh ya> dan sudah dikonsumsi dalam berbagai jenis masakan.. ada yg jadi sambal goreng, pedas manis, dll..

Nah, kalo saya cukup di bikin sup yang sangat sederhana sekali aja.. rasanya maknyuss deh pokoknya.. gini cara buatnya:

Bahan: pepahat, garam, gula, bawang merah, air

Alat: alat memasak 🙂

Cara bikin:

  • air direbus sampai mendidih,
  • masukkan bawang merah, didihkan lagi
  • masukkan pahat2 yg dah dibersihkan,,tapi cangkangnya jgn dilepas ya.. didihkan lagi
  • masukkan garam dan gula secukupnya
  • Jadi deh….

Ini diaaaaa:

Comments
  1. 71mm0 says:

    ckckck.. salah satu jenis makanan yang ga bakalan dimakan😛

  2. liew267 says:

    Whahaha… Enak aa ai..he..

  3. desi eria says:

    wah aku baru denger nih.

    Oiya, btw semangat yaa nanti apotekernya dijalanin aja dulu hehe
    S1-nya dari mana emang?

  4. liew267 says:

    Dri univ. Lambung Mangkurat banjarmasin mba.. Mudahan sangguh hehe..

  5. SALAM KENAL dan SALING MENGUNJUNGI serta SALING BERBAGI.WAH…WEB-NYA CUKUP INFORMATIF LIEW267/APALAGI MENU MASAKANNYA…OYA,BISA PASANG LINK/BANNER GA YAH…???
    HTTP: / / DUTACIPTA.WORDPRESS.COM
    🙄

  6. bee says:

    idddih emang enak…

  7. zaha says:

    Salam… saya suka makan pepahat…tp tak tau macamana cara nak kutip….mcm cari kerang ke?

  8. min wei says:

    Sedap ya. Sila tanya, di mana boleh dapat beli siput buluh? Terima kasih.

  9. aida says:

    cri dmn ya pahat2 ini, sy tau ini enak n ga bnyk org yg tau mkn pahat2 ini….. di jkt ada ga ya ato ada nama lainnya ga.. kl ada noleh d info ke a_angela_27@yahoo.com yaaa thx b4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s