Nge-Busway

Posted: February 4, 2011 in Jalan-jalan, My Day
Tags:

Okay, mungkin postingan ini agak sedikit norak dan telat banget, tapi berhubung saya adalah orang daerah dan baru mengenal budaya nge-busway di awal tahun 2011 ini (itu juga karena dapat tempat praktek di Ibu Kota) jadi mohon dimaklumi ke-newbie-an saya..

Kegiatan ini bermula ketika saya dan teman saya di tempatkan (cieeehh “di tempatkan”) untuk kerja praktek di Jakarta Pusat untuk 1 bulan, nah di tempat praktek itu hari kerjanya hanya dari senin – jum’at ajah, nah dari pada sabtu minggu nya kita bengong, jadilah kita mikir buat jalan2 mengelilingi ibu kota dan mendatangi tempat2 “terkenal” yang biasanya hanya kita liat di tipi, majalah, ato internet doang. Maklum kita berdua orang daerah yang kayaknya “wow” banget gitu, bayangkan sekarang kita berada di Ibu Kota INDONESIA sodara-sodara..!! (iyaa tauu, emang norak)

Karena g tau rute angkot Jakarta, mau naik bus kota males panas dan takut copet, dan mo naik taksi takut bangkrut, maka kita mencoba saja “pake busway aja yuk..!!” murah meriah keliling2 cuma 3.500 hohoho.. langsung browsing jalur busway terbaru di internet, masukin hape.. Sip, we’re ready to go. Dan tempat2 yang didatangi pun adalah tempat2 yang memiliki akses dekat dengan halte busway yang terlihat di peta jalur hasil browsing tadi, nyari aman😀

Bermodalkan peta jalur di hape (dan duit tentunya) jadilah kita nge-busway setiap ada kesempatan libur, baik libur akhir minggu atopun libur tanggal merah. Dari yang isinya sepiiiiiiii pisan sampe yang penuuuuhhh pisan udah dirasain, dari yang duduk dari awal sampe akhir sampe berdiri dari ujung keujung juga udah, sungguh pengalaman baru yang asik buat kita.

Berikut tips nge-busway bagi pemula (kayak saya) yang niatnya jalan2, smoga bermanfaat, kalo ga manfaat ya anggap hiburan aja deh :p

1. Baca dan pelajari dulu Peta jalur busway, dari mana kita naik, dimana tujuan kita, dan akan melewati halte apa saja, biar ga bengong2 amat dan ga kelewat.

2. siapin uang pas buat bayar biar ga ribet

3. PAKE DEODORAN yang bagus yah.. kasian kalo orang2 sekitar kamu pada semaput oleh bau2an semerbak yang menyerupai pasar ikan. sumpah kalo ada yg BB di busway tuh ganggu banget tau

4. pake baju yang yang nyaman dan ga ribet, yah who knows kan keadaan di dalam ntar kayak gimana

5. pake tas yang bisa ditaro’ di depan badan, biar kata ga naik bus kota atopun angkot, kejahatan bisa terjadi di mana aja, waspadalah waspadalah..!!

6. latih keseimbangan dulu sebelum nge-busway, trus lakukan pemanasan dan peregangan khususnya pada otot lengan biar ga keram pas gantung2an (monkey kalii gantung2an) dan otok kaki biar g gampang jatoh. kalo perlu pake gelang POWER BALANCE #eaaa

7. jangan malu buat nanya ke petugasnya, “klo mau ke xxx ngantrinya di sebelah mana ya?”, “trus nanti turunnya di yyy gitu?”, kalo petugasnya mas2 cakep bisa ditambah dengan “mas namanya siapa? ada no hape, kali aja nanti saya nyasar” tsaaahhh..!!

8. antri yang tertib dan melangkah hati2 pas masuk, dan jangan lupa berdoa😉

9. beri kesempatan lebih dulu ibu hamil, manula, dan yang bawa anak2 buat duduk, jangan main rebutan kursi.

10. baru masuk jangan diam dan berdiri deket pintu karena pasti bakal kegencet begitu nyampe di halte berikutnya, agak masuk ke dalam, cari pegangan yang kosong, kecuali ada mas2 ganteng rapi dan wangi, boleh deh kita nebeng di pegangan yang sama *heyaaa. Kalo ga kebagian pegangan, merapat ke tiang trus nari2 seksi #PLAK ga deng hihi😀 pegangan aja di tiang, ato merapat ke pintu ato dinding, atauuuu pegangan sama temen kamu yang juga pegangan sama orang lain yang punya pegangan

11. kalo lagi penuh banget dan ga kebagian pegangan dan ga deket sama tiang apapun juga dan kamu berada ditengah2 kerumunan orang2, ya sudah keluarkan jurus menjaga keseimbangan yang telah dilatih sebelum berangkat dan berdoa smoga yang ngehimpit2 ini ga bau badan

12. kalo udah ga tahan terlalu lama berdiri, coba jalan ke depan deket bangku supir biasanya lantainya kosong bisa buat nebeng duduk disitu.

13. kalo lagi kosong, jangan berdiri! duduk laaah (iyeeh tau.!!) tempat duduk yang paling saya suka adalah yg paling belakang, karena tinggi so lebih enak liat2 ke luar jendela, lebih nyaman karena ngadep ke depan, dan lebih leluasi kalo mo merhatiin orang2 *loh?

14. selalu perhatikan dimana terdapat pemecah kaca darurat (oke ini terlalu parno)

15. Bawa buku, just in case jarak yang di tempuh jauh dan lama (kalo kamu dapat tempat duduk pastinya), dan kamu udah bosen untuk liat2 jalan dan liat2 orang, mending baca buku, ingatlah “buku adalah jendela dunia” #APAPULA

16. tidur juga boleh, sapa yang ngelarang, yah paling-paling kelewat se-halte-dua-halte lah, ato kalo tidurnya kebo banget ya nyampe halte akhir deh, hoho.. tapi ya kan tinggal balik lagi aja, ga bayar lagi ko selagi ga keluar dari halte😀

17. jangan lupa selalu bawa HAND SANITIZER, ato minimal tisu basah deh, kamu ga pernah tau tangan orang lain yg pegang gantungan sebelum kita abis pegang apaan, yakss..

18. mendekati halte tujuan, mulailah bergerak menuju pintu keluar, jangan terburu2 keluar, yang tertib ya yang tertib.

19. cek kelengkapan badan, tas, barang bawaan, dan teman kamu, apakah masih lengkap

20. ucapkan hamdalah dan bersyukur karena sudah sampai ke tempat tujuan

Yak, sekian tips dari saya, sepertinya lebih banyak ngaco nya daripada yang benernya, tapi itu lah hasil dari observasi apa adanya selama kurang dari 20 kali naik busway,, selamat mencoba, tapi keselamatan anda bukan tanggungan saya. Wassalam. love peace n gawoooll

Comments
  1. damarr says:

    ahahaha gue suka postingan ini. ngebantu banget lho.. Sama2 orang daerah nih kita. Salam kenal ya.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s