Ujian Apoteker -1.1-

Posted: April 19, 2011 in Dunia Farmasi, My Day
Tags:

Memang ya yg namanya waktu tuh berjalan diam2 menghanyutkan ga kerasa aja udah UJIAN AKHIR Apoteker..!!!! hwaaahhhh… dari akhir Februari menginjakkan kaki kembali di Bandung habis dr KP di Jakarta, auranya sudah berasa.. Gimanaaaa gituu,, bikin merinding *halah.. akhirnya saat itu datang juga.. Persiapan teknis dimatangkan, persiapan ilmu seadaanya, demi hari H yang sakral pd tanggal 29 maret 2011.. itulah Ujian Akhir Apoteker ITB tahap I.. jeng jeng jeenggg UPP (ujian penelusuran pustaka) namanya..

Jaman dahulu *eaaa* saat mulai kuliah apoteker masih belum kebayang aja ujiannya kayak apa, trus mulai melihat ujian angkatan atas,, wuiiihhh kyknya serem banget,, tapi masih mikir “aahh masih lama,,,nanti jg bisa” eehhh ternyata datang juga saatnya untuk merasakan sendiri bagaimana sensasi dahsyatnya ujian apoteker itb ini dan merasakan diri kurang semua2nya, kynya g siap banget nget, bekalnya kurang cukuup heuheuu.. Jadi, sama kaya mau menghadapi ujian, kita buka curhatan ini dengan baca Basmallah.. Bismillahirrahmanirrahim..

Persiapan:

– menyiapkan mental pastinya,, membiasakan diri dengan tekanan yg datang perlahan2,, biasakan jantung untuk deg2an jd pas hari H, dia-nya g terlalu kaget dan pengen melompat keluar🙂

– menyiapkan ilmu,, mulai lah baca2 jurnal terdahulu, liat pengalaman2 angkatan atas, apa aja yg perlu disiapin dan dimatengin,, jujur saya kurang baca ato baca malah ketiduran dan lupa yg dibaca apaan😛 sebaiknya ditulis titik kritis dr soal jurnal yg dibaca tsb biar bisa buat bayangan *dan saya tdk melakukannya*

– kerjain simulasi dengan SERIUS, kenapa serius? karena dg ngerjain simulasi dg serius kt jd tau kemampuan diri kita segimana, kuatnya di bidang apa, kuatnya nulis berapa lama berapa halaman, dan jadi tau seluk beluk buku referensi so pas hari H paling ga, ga bengong2 amat deh, trus untung2an deh klo dpt soalnya pas hari H eh soal simulasi yg dikerjain kan lumayan😉 dari simulasi jg bisa merancang strategi kira2 mo ngerjain apaan duluan biar waktunya efisien dan efektif

– menyiapkan perlengkapan teknis, atk, dll

– menyiapkan fisik, makan teratur, tidur teratur (gayanyaaaa nulis gini, padahal g dilakuin semua ;p )

– berdoa yang banyak,, dan minta doa yg banyak😀

pengundian ruang..

ya ampuuun baru ngundi ruang aja groginya udah setengah idupp  fyuuhhh..satu2 dipanggilin buat ambil undian diruangan manakah nanti hari H akan melaksanakan ujian.. karena peserta ujiannya cuma dikit jd pilihannya cuma ruang I n ruang II yg keduanya adalah lab farmasi klinik yg dibagi 2.. Alhamdulillah dapetnya ruang 2 meja 16,, dan sambil berdoa semoga II/16 itu memberi keberuntungan pas hari H nanti😀 pokoknya apapun yg di dapat selalu harus disyukuri😀

menyambut hari H:

ya ampuuunn groginyaaa, kyknya ga afdol klo sehari aja g grogi :p hayoo memantapkan strategi pengerjaan

26 Meret:

saya ulang tahun *apa siih?* hahaha ya ga papa.. trus ada acara bakar2 bersama di “apotek kita”-nya apt maret..bakar2 buku? bukan bukan, ya bakar sate donk dg bumbu seadaanya.. merayakan ulang tahun saya? bukan bukaan,, tp doa bersama biar diberikan kemudahan dan kelancaran pas ujian😀 (manaa??cuman makan doang kmrn perasaan, doanya sendiri2 kyknya)

THE DAY: Hari 1, 29 Maret 2011

akhirnya dtg juga itu ya yg namanya 29 maret huhu.. melangkah berangkat ke kampus dg Bismillah, sarapan seadanya, dan menunggu pintu ruang ujian dibuka.. doa bersama dulu sm temen2.. setelah di bagikan Name Tag (yang g boleh hilang sampe ujian tahap 3) Bismillah masuk ruangan dengan kaki kanan *ga deng, lupa pake kaki apa ya* dan mulai menuju kursi panas yg akan diduduki selama 2 hari..menunggu  undian soal dengan tidak sabar dan terus berdoa

akhirnya tibalah nama saya yg disebutkan, dan tangan mengambil gulungan yang terlihat paling bersinar *halah* dibukalah gulungan itu dan sy sebutkan nomornya dan saat menatap soal tsb entah kenapa pikiran saya kosong spt tdk terjadi apa2, untung ga kesambet :p apapun soalnya harus tetap bersyukur.. dan soalnya adalaaahhh:

tadaaaa: SUSPENSI KLARITROMISIN 10 BOTOL

pikiran yg terlintas: – widih antibiotik, ngatur dosisnya susah nih; – aduhh blm pernah ngerjain simulasi suspensi:  – ahh asik obat keras; – jgn2 jackpot nih, belum pernah liat jurnalnya; – ada dbuku apa aja yah..

Kembali ke meja,, mulai mencari2 di index buku yg udah di bawa dan dipinjam kira2 adanya di buku apa dan langsung tulisin di marker fotokopi jadi pas di lajur buku ga terlalu buang2 waktu,, buka index buku yg dimeja, alhamdulillah ada di AHFS, wlopun g ada di FI n TPC, liat di MIMS ternyata sediaan suspensi itu suspensi kering, jeng jeengg,, blm pernah simulasi suspensi kering, belum pernah bikin suspensi kering di lab, dan pas penjelasan perhitungan granul suspensi kering di pembahasan simulasi g merhatiin😦 heh heehh…

Kertas menulis di bagikan, langsung tempel tuh soal di kertas biar ga ilang dan ditatap dengan penuh kasih sayang, biarnya dianya juga ga rewel hoho.. sambil nunggu lajur fotokopi buku, kerjain Undang2 dulu deh, lumayan lancar soalnya pas simulasi kena obat golongan keras terus jd nya cukup lancar laa, dan dia kan masuk turunannya eritromisin, nah si eritromisin emang masuk obat keras,, yo wess… Pas lajur fotokopi dibuka, lumayan laa ada datanya di USP n farmakope lain, di Florey, dLL cukup tenang walopun ternyata soalnya Jackpot* alias g pernah dikeluarkan sebelumnya klaritromisin suspensi..

Yosshh..!!! baiklahh,, kerjakan saja apa yg bisa dikerjakan lebih dahulu.. sebelum jam istirahat (jam 12 – 13) dah ngerjain monografi, undang2, dan sebagian farmakologi, lumayan.. istirahat dulu makan solat dan bertemu ehem2 partner buat diskusi dikit dan menenangkan diri krn dapat jackpot*. ternyata yg dapat jackpot banyak loh, jd lumayan tenang.. pasti bisa..!!

Abis istirahat lanjutkan farmakologi, dan tentu saja skip bagian dosis dan aturan pakai, ntar aja mikirnya,, khususkan pada yg bisa ditulis tanpa mikir😛 hehe.. biar cepet gitu.. dan klo begitu so pasti bab III di SKIP karna perlu banyak pikir.. lanjut bab 4 sebagian evaluasi sediaan (sebagian) dan sedikit bab 5 yg tinggal jeplak..

hosh hosshh.. berakhir sudah hari pertama..agak tdk memenuhi target sih, targetnya kan smua evaluasi sediaan dan analisis yg tinggal plek, tapi evaluasinya br setengah dan analisisnya baru dua, tapi Alhamdulillaah😀 Cape juga ternyata nuliss teruss, saat nya pulang dan mikir buat besok, terutama dosis aturan pakai dan FORMULASI.. bersama “ehem2” merumus bersama (kebanyakan sih ehem2nya yg mikir, sy nya udah keburu cape dan ngantuk😀, mkasiihhh ya ehem2kuu)..

cerita Ujian Penelusuran Pustaka Hari II dilanjutkan di postingan berikutnya😀

Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s