Ujian Apoteker -1.2-

Posted: April 19, 2011 in My Day
Tags:

sambungan dari posting sebelumnya😀

Malam menuju hari 2

malamnya di apotek kita yg keadaannya udah menyerupai gasibu, namun bedanya ini pada malam hari.. mulai mikir dosis n aturan pakai dan tentu saja formulasi.. heu heuu.. udah yg namanya cape n ngantuk ya bikin mikirnya g optimal, sehingga harus *memang* dibantuin sama ehem2 saya yg tak terkira bantuannya😀😀

Masalah:

– farmakologi: dosis dan aturan pakai agak aneh, masa ya buat anak >12 1,5 – 2 sdt sedangkan buat dewasa 1 – 2 sdt heuu.. tapi demi menghindari underdose (secaraa antibiotik gituuh) maka dibiarin lah aturan pakainya ky gitu,..

– analisis: g byk masalah berarti, soalnya preparasi sampel udah ada di USP, dan data analisisnya udah lengkap di florey tinggal sanggup ato ngga’ nya aja lg besoknya nulis😀

– formulasi,, aahhh ini diaa inti dari semua ini hehe.. walopun ehem2 saya udah top bgt ttp dibuat bingung oleh yg namanya formulasi, udah g ada formula pustaka, jurnal terdahulu jg g ada, namanya jg jackpot* jdnya ya harus mikir ndiri, dan memutuskan untuk melirik formula suspensi kering eritromisin, tapii tapiii sampe pagii formula belum rampung juga ihikk..

tidur satu jam dg pikiran linglung, dan bangun jam setengah 6 pun masih linglung, sampe solat subuh nya salah kiblat ckckcck,,untung diingetin sama temen2 hahaha..

temen saya baik bgt deh (thanks arif n ican), dia nyuruh saya pulang ke kosan mandi n siap2, trus tasnya nanti di bawain ke kampus,hwaahh terharuu😛.. sepanjang perjalanan menuju kos nelpon mama, minta pencerahan dan menguatkan diri eh malah mewek krn kepikiran formulasinya blm rampung ;P nelpon sambiil nangis mandi sambil nangis ;p ahahaha.. dasar cengeng.. sarapan seadanya, berangkat ke kampus dg keadaan sedih n down *lebaayyy.. sampe kampus nangis lagii hwahahahaha klo dipikir2 lucu juga😛

Hari H 2, 30 Maret 2011

pagi- sebelum istirahat:

masuk dengan pasrah, langsung nulis apa yg bisa ditulis,, nyelesain farmakologi, dan evaluasi sediaan sisa kerjaan hari I, dan sebagian analisis sampai sebelum istirahat.. sumpaahh Bab 3 belum kesentuh sama sekali aaahhhh sempet frustasiii..depresii.. *sekali lagi ini lebaayy* pas istirahat ketemu lagi sama ehem2, yg udah g tidur semalaman bantuin, akhirnya ada juga formulanya yg mesti diliat dl dan di fix-an mksudnya gmn,.alhamdulillah ada juga bayangan formulasinya..

setelah istirahat:

ngebut nulis lagi, bikin brosur, etiket n kotak.. ya ampun udah ga ada bentuknya lagi tuh kotak2nya.. ngebut nyelesain analisis *tulisan mulai ga keru2an* motokopi gambar spetrum2 dan ngegutingin dan ngenempelin dg berisik, sampe yg duduk di depan liat2 dg makna pandangan mata “ckckck ko baru sekarang sih ngerjainnya bukannya udah disiapin dr rumah” biariiinnnnn lanjut aja trooss.. jangan lupa POTENSI ANTIBIOTIK karena z.a nya antibiotik.. dan saat jam 3 datang, mulai frustasi lagi Bab 3-nya beluuummm sementara temen yg d belakang (si alvin) udah selesai malah sampe tidur dulu, yg di depan (raymon) jg udah selesai malah udah ngecek2 no halaman,, hwaahh kaliiaaaannn.. ga tau apa sy belum jgn tenang2 gitu dong *loh? salah sapa coba ;P

jam 3 nulis bab 3 dengan buru2 hasilnya tulisannya udah nyambung2 aja sampe di coret2 n ditulis lagi soalnya g bisa kebaca😀, trus mana sempet2nya ngilangin prosedur pembuatan hwaahh terpaksa nyalin yg di jss,, pas udah selesai eehh mala nemu tuh prosedur pembuatan yg bener, ya ampuuunn nulis lagi dari awall… nulis perhitungan sambil ngitung juga, nulis flowchart pembuatan mencong2,,hahaha kacau lah pokoknya itu bab3.. yg penting selese aja.. jam stgh 5 tepat akhirnya selesai, trus nulis dapus dan nomor halaman.. sempet2in liat2..bahkan udah g kepikiran buat nulis Monogafi Eksipien.. paraahhh bangettt (T.T)

dan ya AMPUUUNNNN,,, perhitungannya salaahh,, di pertimbangan formula ada aerosil ehhh di usulan formula dan perhitungann malah ga ada, gubraakkk Hitung lagi dari awaaalll.. ckckckckck rush hour bgt kyknya saat itu tdk lupa terus ngelirik jam dan sambil berdoa komat kamit,, sempaat sempaatt ya Allah sempatkan laahh.. bahkan nulis nama pun udah cuman “Lili S” doank ga pake Shafwatunnida,, aahh kepanjangan buang waktu ;P trus nulis nim juga udah sampe lupa2..

hosh hosh hossh… menit2 terakhir udah ajah g sempet periksa2 lagi selain periksa no halaman n manjangin nama hoho.. Yak Jam5, selesai tdk selesai harus dikumpulkan kata pengawasnya.. ya sudaah laaaa kumpulkan dengan pasrah dan lega akhirnya berakhir jug dua hari yg melelahkan ini..

Keluar ruangan dengan perasaan hampaa namun lega, entah bagaimana hasilnya dipikirkan besok saja, sekarang pulang dan tidur capek boo’ cape tangan cape mata cape badan.. dan bener aja pulang langsung tidur dg teparnya ga bangun2 sampe pagi dan paginya baru kepikiran lagi.. meeehhh

Kamis 31 Maret 2011

Udah g ujian ko, tapi disuruh ngambil kopian jurnal kacau balau yg dikerjain kemaren, di kampus, untuk diliat2 lagi apa ada halaman yg kurang dari kopian tsb soalnya mau diserahkan ke pemeriksa.. ya ampuuunn ga berani aja buka lagi tuh jurnal, selain cuman liat halamannya doang, sampe tu jurnal diinapkan weh di kosan Adah, saking g mau liat nya.. huhu.. soalnya semakin diliat semakin stress lah saya nunggu pengumumannya..

Senin 4 April 2011

masih dalam suasanya deg2an mencekam, kita2 disuruh kumpul di kampus katanya buat pengarahan dan penjelasan ujian lab.. eehh?? pengumuman juga belum bu, pa, ko udah penjelasan sih,, huhu.. ternyata disuruh ngitung bahan2 yg kira2 diperlukan untuk ujian lab baik lab farmasetik ataupun lab analisis.. Ohh myyyy… terpaksa harus dibuka tuh jurnal klo g dibaca ya mana bisa ngitung.. yaa ampuuunn jebakan apaa ini, jebakan betmen kaahh (dramatisir banget)

dan akhirnya memberanikan baca2 lagi tu jurnal dari awal sampe akhir,, ANjooooyyyyy nemu banyak salah (T.T)

– di perhitungan dosis, harusnya diperhitungan itu satuannya sendok takar malah mL -___-,, dan keppikiran terus sama aturan pakai yang aneh ituh..

– di formulasi, formula: asam sitrat, diperhitungan: asam stearat.. jauh bangeeeeeeettttt buuuwwww.. aarrrhhhh frustasii.. dilihat2 tulisannya bener2 g bisa dibaca lagi gr2 buru2 (T.T), ga pake Monografi eksipien (T.T), cara kerja tulisannya acak2an, satuan “g” udah kaya “9”

– analisis: nulisnya kebolak balik susunannya

haaahhh ini mo ngitung bahan malah tambah bikin frustasi, al hasil ga jadi ngitung bahannya seadanya aja udah ga semangat, hopeless spechless lah pokoknya mah.. bahkan sampe mikir ini mungkin ga diluluskan, dan klo lulus pun pasti peringatannya di dua tempat yaitu Farmakologi dan Formulasi.. (T_T)

Rabu, 6 April 2011 Pengumuman

Emang udah hopeless bgt jadi udah berniat g mau ke kampus buat liat pengumuman, mikirnya ya sudahlah pasrah saja, klo lulus ntar ada aja yg ngabarin, klo g ada yg ngabarin berarti g lulus.. du du du.. di kosan, nyantee weehh (nyate dari hongkong, jantungnya udah ky mo keluar gitu) dengering musik + nge-net seakan tidak ada apa2, du du duu… tiba2 Hp berbunyi dan salah satu ehem2 ku nelpon:

D: “kakaaa,, pian lulus”

L: “eh??”

D:”lulus kaaa,,”

L: ” ahhh beneraaann?? bohooongg niiihhh??”

D: “beneran kakaaa, tp peringangan di FPIO”

L: “ah masaa? hwaaahhh alhamdulillaaahhh”

Waaawwww spechless terharu, emang bener nih lulus, ga percayaa, setelah beberapa orang yg ngabarin baru percaya waaawwww (lagi) ALHAMDULILLAHIRABBIL ALAMIN ternyata beneran lulus, walaupun peringatan di farmakologi.. heuu emang dah diprediksi sih farmakologinya tp malah lebih mikir klo peringatan lebih mungkin ke Farmasetika nya, tapi sudah laahh.. Alhamdulillah Tahap I lulus Peringatan FPIO.. langsung cabut ke kampus buat konfirm peringatan,dan ngumpul sama anak2 lab Likuid-semi solid,karena dapat ujian tahap II di farmasetik..

perjalanan ujian apoteker masih belum berakhir sodara2, masih ada tahap 2 dan tahap 3..

Ganbatee..!!!

selalu tanamkan dalam hati: La yukallifullaahu nafsan illa wus’ahaa

Comments
  1. […] me of follow-up comments via email. Subscribe by email to this site Dompet oh Dompet Ujian Apoteker -1.2- Blog at WordPress.com. | Theme: Greyzed by The Forge Web Creations. // /* */ […]

  2. Rahmaut says:

    Hoo, anak itb juga toh *abis browsing nyari soal cacar T^T*

  3. Budy says:

    Selamat ya…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s