Ujian Apoteker -2.1-

Posted: April 20, 2011 in Dunia Farmasi, My Day
Tags:

Setelah melewati ujian tahap I yang mendebarkan, maka dilanjutkanlah ke ujian tahap II yaitu ujian Lab. Sebenarnya ujian tahap II ini terbagi menjadi 2 yaitu lab farmasetik dan lab analisis, nah kita masuk lab mana itu ditentukan oleh dosen2 n penguji2, so hanya bisa pasrah😀 nah berhubung saya dapatnya di lab farmasetik, jadi yang dikerjain ya produksi dan evaluasi deh.. Ganbateee..!!!

Hebohnya persiapan ujian Tahap 2

Yang namanya suspensi kering itu yak kan setengah dari pembuatan tablet dan setengah pembuatan suspense, jadi alat2nya pada heboh sendiri😀 Evaluasinya juga paling banyak sendiri, secara ya pake ecaluasi buat granul ++ evaluasi suspense, heu heuu… seru nih kayaknya,, BANGEETTT . Alat2 yg dibawa tea udah mirip mo bikin kue aja, ada Loyang, baskom, blender, ayakan gula, sarung tangan plastic, keranjang, whahaha kurang tepung sama telor aja tuh,.

Tapi ujian tahap II ini, beruntung deh gabung sama temen2 yang rajin2 pisan, jd terdorong untuk rajin juga, dari rajin nyiapin sampe rajin belajar n tanya2 cara evaluasi n perhitungan,, maklum dulu pas S1 g pernah bikin sediaan suspense kering,😀

HARI I (12 April 2011)

Lumayan grogi, datang tepat waktu, dan mulai menulis apa2 saja yg mau dikerjakan sesuai dg yang ditargetkan. Jadi gini, berhubung klo kita mo ngerjain sesuatu itu harus dapat persetujuan pengawas jadi tulis dulu apa saja yg mau dikerjain pertama, baru nanti minta ACC dan kerjain begitu seterusnya, pokoknya apapun yg mau dikerjain harus dikasih tau ke pengawas dan disetujui ya😉 Yang pasti yg pertama itu adalah menimbang bahan2 yang mau dipake,  nimbangnya antrii, tapi karena di lab Liquid semi solid cuma ber-6 jadi santai laa antrinya, TIPS 1 sambil ngantri tulis aja yg banyak prosedur2 nya jd nanti tinggal minta acc. Bahan2 buat suspensi kering itu yah, banyak pisaaan.

Nimbang gula ½ Kg udah kayak orang mo jualan aja, abis itu gulanya di blender biar dpt gula halusnya. Sumpah itu ngbuang waktu banget, krn sekali blender tuh g bisa langsung halus, harus di ayak dulu trus di blender lagi. Nah jadi saran saya, TIPS 2 sebaiknya minta aja gula halus (kemaren udah minta tp g ada), atau blender n ayak duluan aja dirumah, atau klo g mau ribet langsung belin n bawa gula halus aja sekalian jadinya hemat waktu, trust me deh. Nah itu abis di blender n di ayak harus ditimbang lagi sesuai yg mau dipake..

Abis menimbang bahan, mulai bikin deh, gerus sana gerus sini pake mortar + stamper yg paling besar abisnya banyak banget ituu,, jangan lupa pake masker karena si Clarithromycin itu Pahit BANGET, kehirup baunya aja udah berasa pahitnya, sampe2 pengawasnya bilang “saya liat nya jauh2 aja ya” hoho bagus juga sih😛 TIPS 3 Ingat nyampurnya secara geomtris ya, apaan itu geometris sy juga g tau pasti artinya apa😛 tp baca2 di jurnal yg terdahulu ktnya sih gitu, maksudnya nyampurnya pake jumlah perbandingan bahan yg sama jd bisa lebih homogen.

TIPS 4 Pasang target, targetnya sih sebelum istirahat udah jadi granulnya, tapi pas bikin, semprot2 etanol dan kepal2 terus ayak2 massa granulnya sampe tangan kram, eh granulnya ga jadi2, masih banyak fines nya, hwaahh..Jadi lah nge-granul ulang abis istirahat, mana g bilang pengawas pula😛 *jangan ditiru ya😀 takaran etanol buat nyemprot juga udah g keukur, semprot trooosss ahahaha.. selain keracunan bau Klaritromisin saya juga sukses keracunan etanol K Akhirnya pasrah lah wlopun masih banyak fines nya tp lumayan udah jadi granul, huhu..

Krn granulnya udah jadi, saat nya evaluasi granuulll.!! Jeng jeeenngg!! Pertama cek kandungan lembab, hasilnya bagus (lupa berapa)😀 , truss cek kecepatan alir di lantai 1 (lab. Tablet), woow hampir 10 g/detik, cepet banget, sampe anak tablet bilang “granulnya bagus banget, gimana bikinnya jd kyk gitu? Punya ku g jadi2 nih” (langsung GR😛 ) waahh jd cukup tenang, berarti granul sy udah jadi ya ahahaha norak deh, abisnya udah lupa sih bentuk granul yg bags tuh kayak gimana hihi😀

Kalo udah dpt nilai kandungan lembabnya, bisa dihitung tuh berapa fase luar yang ditambahkan (NaCMC FSH + aerosol). Meeeeehh yang namanya aerosil tuh ya bendanya ringan banget suka terbang2, kayak kapas ato awan (lebay?? Tapi bener deh) susah nimbangnya,, tapi bagusss😀 *norak bgt sih maklum baru pertama liat yg namanya aerosil* hihi😀 Trus turun lagi ke lantai 1 buat pake turbula mixer (bolak balik lt.3 lt.1?? iyeeehhh!!), eh si aerosil bandel pisaan, dia ga bisa homogen, maunya ngumpul sesame dia jadi granul gede2, wlopn bisa dipencet2 jadi kecil lagi tp ttp aja susah homogennya hweeehh… pasrah😛

Yak! Hari I selesai, kayaknya sedikit yg dikerjain yah, tapi ko waktunya serasa ga cukup, abisnya kan harus ditambah nulis trus bolak balik lt.3 – lt.1.. TIPS 5 Harusnya malemnya nyiapin pembahasan evalusi buat besok dan belajar pengolahan data n perhitungan,. Tapi malah tepar dengan suksesnya + salonpas di mana2 ahaha.. Cape’ boo..!

to be continue

Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s