Ujian Apoteker -2- Chapter 2 (last chapter)

Posted: October 10, 2011 in My Day
Tags:

sambungan dari posting sebelumnya :D

11 agustus 2011

Dapat ruang sidang di lt.3 dan dapet jam paling akhir di hari itu -__- deg2an seharian deh jadinya, pengujinya:

  1. Pa yeyet (moderator)
  2. Bu cici
  3. Pa Ketut
  4. Pa Basuki (industry)
  5. Bu Ambar (apotek)
  6. Pa Elfahmi (tablet)
  7. Bu Budi astuti (BBPOM klo g salah)
  8. Bu Sri hartini (RS)
  9. Pa Taufik Riadi
  10. Pa Emran (analisis)

Pertanyaannya udah banyak yg lupa euy, beberapa yg diingat aja ya..

1. Pak Yeyet, sbg moderator ga ngasi pertanyaan, cuma di suruh cerita ttg soal maksimal 5 menit J | berceritaa, *kayaknya kurang dari 5 menit deh
2. Pak Basuki

Kenpa km pk kempa langsung? | krn kandungan z.a dlm tablek kecil pak, bla bla bla ngalor ngidul😛 |

kalo dibikin granulasi basah bisa ga? |Bisa pak, alternatifnya pk granulasi basah |

klo di industri km mau ganti metode dari kemplang ke GB gmn caranya? | pembersihan alat, validasi, validasi proses, sblm validasi kualifikasi dulu |

sama change control | tanya2 ttg CPOB banget lah, kualifikasi, validasi, ruangan produksi tablet | jawab seingetnya + ngarang ngalor ngidul😛

Ini kenapa namanya Prolidex? | tercetus begitu saja pak😛 | apa maksud logo ® di samping nama obat? | eeee *si bpk, naha nanya iye* trademark gitu pak buat perusahaan, *lupa jawab apa :p gitu deh berhubungan sm merk2 gitu😀 |

siapa yg menerbitkan FI?; FI terbaru edisi berapa? Yg lama boleh dipake ga? Siapa yg menerbitkan CPOB?

*si bapak pokoknya CPOB bgt lah, klo dpt pak Basuki baca tuh cpob dari depan sampe belakang pasti bisa jawab😀

3.        Ibu budi (BalaiPOM)

Bagaimana izin untuk PBF? | *baca di Permenkes 1148 thn 2011 tentang PBF yah |

Gimana caranya tau klo PBF itu bener/legal? | menerapkan GDP/CDOB bu |

apa aja aspek CDOB? | *sok2an sih ngomong CDOB* *ngarang😛 |

Izin apotek gmn? Apa aja yg harus dilaporkan rutin? | *ngarang, lap. Penjualan n pembelian narkotik n psikotropik |

ttg golongan2 narkotik n psikotropik | *ngarang lagi terbata2*😀 baca tuh penggolongannya di UU no 35 yah

Untung ini si Ibu baik, mengarahkan dan suka ngejawab sendiri pertanyaannya😀

*tips: baca undang2 n peraturan terbaru ato yg lama2 jg klo rajin, ttg pbf, industri, apotek, di websitenya IAI suka ada peraturan2 yg baru😉

4.        Bu Ambar

Indikasinya apa? | ga semua disebutin, lupa sih, kebanyakan😀 |

Biasanya propranolol HCl di kombinasi dg anti hipertensi lain, apa? | diuretic hidroklortiazid bu |

itu gmn cara pemberiannya kalau dg HCT | lupa jawab apaan😀 |

gmn cara informasinya ke pasien? | *jawabnya belibet |

efek samping? ; informasi obat? | *belibet lagi* pk istilah ilmiah |

“km bahasanya terlalu tinggi, coba klo pasiennya dari kampung mana ngerti dijelasin kyk gitu, wah blm cocok jadi apoteker nih” | jleb. Jleb!! |

*tips: pake baju yg rapi, klo bisa dandan dikit ceunah, soalnya si ibu memperhatikan penampilan sekali, trus belajar ttg farmakologi juga, kata yg dulu2 sih biasanya tanya ttg standar pelayanan apotek (1332)

5.      Bu Sri Hartini

Lupa ditanyain apa aja, klo ga salah ttg sistem distribusi obat, trus pelayanan farmasi di RS ada apa aja (klinik n non klinik). Si Ibu teh kalo nanya ngebingungin da, maksud pertanyaannya beda sama apa yg ditanyakan sampe berkali2 nanya balik ke ibu nya “maksudnya bu?” sampe si ibu kyknya kesel ke saya-nya ko ga ngerti2 sih sm pertanyaannya, abisnya emang gitu, pertanyaannya membingungkan, pas di arahin n di jawab sama si ibu baru ngeh klo itu maksud pertanyaannya -___-

Para dosen ITB sih ga ada nanya apa2, pak ketut sering ngetawa2in klo salah jawab😛, bu cici kadang2 ngarahin, dan menjelang menit2 terakhir pas pak Yeyet udah mau nutup sidang “apa ada lagi yang mau ditanyakan?” nanya lah pak Elfahmi

6.       Pak elfahmi

Km kan tablet ya? Gmn cara preparasi sampelnya? | satu tablet di masukkan ke dalam labu *dipotong sama si Bpk |

1 tablet? Utuh gitu? G digerus dulu? | eh iya, di gerus dulu pak, trus di tambah HCl + methanol |

itu tujuan penambahan HCl buat apa? | eeeeeeeeeee… sy ga tau pak *mateee’ |  jd km g tau tujuan penambahan HCl? Km g tau maksud dr apa yg km tulis? | ………. |

kenapa pake methanol? | untuk memisahkan dg eksipien, proranolol hcl larut dlm methanol |

dia larut air? | iya pak | knp g pake air aja?| …….., sy mengikuti prosedur preparasi pemeriksaan kadar pk uv di FI pak |

iya saya tau km ngikut itu, tp harusnya km tau prinsipnya kenapa dan bisa memikirkan pengembangan metode lain berdasarkan sifatnya | ……………*krik krik* |

ya udah, propranolol kan punya isomer ya, bentuk mana yg menimbulkan efek? | *untung sempat baca* yang bentuk L pak |

km tau ga cara memisahkan bentuk isomer yg L dan D dari suatu zat pk alat apa? | *bengoong …. Eeee bisa ya pak? *bego bgt nanya kyk gitu* |

km tau ada alat xxxx (lupa, semacam kromatografi buat pemisahan isomer gitu sepertinya) ? | ga tau pak, belum pernah denger.. *krik krik*|

hhmmm.. ya sudah, kamu harus banyak belajar lg, | iya pak, *jleb!!

Yahh abis sidang, galau pisan lah (cieehh galau) mana berkali2 di bilangin “belajar lagi ya” “masa apoteker ga tau itu” waaaaaa.. Setelah H2C (harap2 cemas), tibalah pengumuman, memeberanikan diri buat liat sendiri dan Alhamdulillah di lulus kan (atau di loloskan?) tanpa peringatan😀 dan masuk ke Lab Pengujian Mutu

Sebenarnya sih agak berharap dapatnya lab Farmaset aja, karena saya ga bisa banget yg namanya analisis dan agak2 trauma juga sm analisis, susah ngertinya😛 tapi kata orang2 sih kalo masuk Lab PM tuh berarti udah jalan Tol aja menuju Apoteker, tp ko jd momok menakutkan bgt gitu buat sy :ss

Jeda menuju ujian lab cukup lama karena kepotong Idul Fitri dulu, jd sempet pulkam dan menenangkan diri hehe..

Comments
  1. masguh says:

    stress n tegang ndiri bc ni postingan…gkgk

  2. Androidtan says:

    Jadi teringat masa-masa sekolah di smk farmasi dulu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s