Cacar Air (Chicken Pox Part 3)

Posted: August 19, 2009 in My Day, Tentang penyakit, Usefull Info
Tags: , ,

Seperti yang dan saya ceritakan di posting terdahulu di sini dan di sini, baru2 ini saya terkena cacar air,, keadaan saya sekarang sih udah baik2 saja (ada yang nanya ga?) tapi sang cacar masih meninggalkan bekas di kulit (hiks..😦 ).Saat terkena penyakit Cacar Air (chicken pox), saya jadi rajin browsing tentang cacar air (karna g ada kerjaan selain guling2 di kasur),, naahh sekarang saya share tentang nih penyakit..

“Bagaimana sih cacar air itu??”
Penyakit cacar air atau yang dikenal dengan varisela bisasanya ditandai dengan keluhan tubuh mendadak lemas, tak mau makan, demam, dan gatal-gatal. Penyebab cacar air adalah virus varicella-zoster. Virus ini ditularkan melalui percikan ludah penderita, bisa juga melalui kontak langsung dengan cairan dari lepuhan kulit penderita atau secara tidak langsung melalui benda-benda yang terkontaminasi oleh cairan lepuhan penderita.

yang saya bingung, saya ketularan dari mana ya

“Bagaimana gejala cacar air itu??”
Pada permulaannya, penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Gejala-gejala ini khas untuk infeksi virus. Pada kasus yang lebih berat, bisa didapatkan nyeri sendi, sakit kepala dan pusing. Beberapa hari kemudian timbullah kemerahan pada kulit yang berukuran kecil yang pertama kali ditemukan di sekitar dada dan perut atau punggung lalu diikuti timbul di anggota gerak dan wajah.

sepertinya saya mengalami apa yang disebut “kasus yang lebih berat” itu, soalnya sering pusing.. tidak tampak ruam kemerahan di kulit, tapi langsung muncul lenting berisi cairan

Kemerahan pada kulit ini lalu berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Ruam kulit ini mungkin terasa agak nyeri atau gatal sehingga dapat tergaruk tak sengaja. Jika lenting ini dibiarkan maka akan segera mengering membentuk keropeng (krusta) yang nantinya akan terlepas dan meninggalkan bercak di kulit yang lebih gelap (hiperpigmentasi). Bercak ini lama-kelamaan akan pudar sehingga beberapa waktu kemudian tidak akan meninggalkan bekas lagi.

saat masih berupa lenting, saya tidak merasakan gatal, pas dah mengering baru deh gatal, gatal buat mengeritisi (mengelupasi) keropengnya (hihi…)

Lain halnya jika lenting cacar air tersebut dipecahkan. Krusta akan segera terbentuk lebih dalam sehingga akan mengering lebih lama. Kondisi ini memudahkan infeksi bakteri terjadi pada bekas luka garukan tadi. setelah mengering bekas cacar air tadi akan menghilangkan bekas yang dalam. Terlebih lagi jika penderita adalah dewasa atau dewasa muda, bekas cacar air akan lebih sulit menghilang.

ini yang terjadi di muka saya hikss… saya belum tau bahwa itu cacar air saya kira jerawat, n emang kebiasaan kalo ada jerawat di muka tanpa sadar tangan mencet-mencetin tu bentol2,,yahh jadinya meninggalkan beberapa bekas deh di kulit muka saya yang mulus ini

“Perlakuan saat sakit?”
Selama 5 hari setelah ruam mulai muncul dan sampai semua lepuh telah berkeropeng. Selama masa karantina sebaiknya penderita tetap mandi seperti biasa, karena kuman yang berada pada kulit akan dapat menginfeksi kulit yang sedang terkena cacar air. Untuk menghindari timbulnya bekas luka yang sulit hilang sebaiknya menghindari pecahnya lenting cacar air. Ketika mengeringkan tubuh sesudah mandi sebaiknya tidak menggosoknya dengan handuk terlalu keras. Untuk menghindari gatal, sebaiknya diberikan bedak talk yang mengandung menthol sehingga mengurangi gesekan yang terjadi pada kulit sehingga kulit tidak banyak teriritasi. Untuk yang memiliki kulit sensitif dapat juga menggunakan bedak talk salycil yang tidak mengandung mentol. Pastikan anda juga selalu mengkonsumsi makanan bergizi untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit itu sendiri. Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jambu biji dan tomat merah yang dapat dibuat juice.

Alhamdulillah saya dijemput ortu dari kota kuliah ke kota halaman (bukan kampung halaman), di rumah biarpun diisolasi dalam kamar n g boleh kemana-mana tapi semua keperluan terpenuhi, mo makan apa dibikinin ato dibeliin, mo minum disiapin, baju dicuciin (pake air mendidih), pulsa dibeliin (buat nge-net biar g bosan), plus buah2an bergizi,, (thanks to my mom)

“Penyembuha bagaimana?”
Varicella ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan adanya serangan berulang saat individu tersebut mengalami panurunan daya tahan tubuh. Penyakit varicella dapat diberi penggobatan “Asiklovir” berupa tablet 800 mg per hari setiap 4 jam sekali (dosis orang dewasa, yaitu 12 tahun ke atas) selama 7-10 hari dan salep yang mengandung asiklovir 5% yang dioleskan tipis di permukaan yang terinfeksi 6 kali sehari selama 6 hari. Larutan “PK” sebanyak 1% yang dilarutkan dalam air mandi biasanya juga digunakan.

saya dapat tablet aciklovir 400 mg 4 kali sehari, parasetamol 500 mg 3 kali sehari, dan peningkat sistem imun 1 kali sehari, trus salep asiklovirnya beli sendiri.. Mandi pakai air dengan disinfektan, kalo gatal ditaburi bedak salisil

“Penyembuhan”
Setelah masa penyembuhan varicella, dapat dilanjutkan dengan perawatan bekas luka yang ditimbulkan dengan banyak mengkonsumsi air mineral untuk menetralisir ginjal setelah mengkonsumsi obat. Konsumsi vitamin C plasebo ataupun yang langsung dari buah-buahan segar seperti juice jambu biji, juice tomat dan anggur. Vitamin E untuk kelembaban kulit bisa didapat dari plasebo, minuman dari lidah buaya, ataupun rumput laut. Penggunaan lotion yang mengandung pelembab ekstra saat luka sudah benar- benar sembuh diperlukan untuk menghindari iritasi lebih lanjut.

saya menggunakan salep plasenta buat bekas cacar di kulit muka (kata orang2 bekasnya bisa ilang),, trus katanya juga bisa menggunakan parutan jagung muda yang dibalurkan pada cacar agar tidak berbekas

Nahh,, semoga postingan ini bermanfaat ya, kalo ada yang mau sharing juga silakaaaann buat bagi2 pengalaman,, ^^v

sumber 1, sumber 2

Comments
  1. hijau-lumut says:

    Eh, liew.. bujur kah kalo orang sudah pernah kena cacar, kada bakalan kena lagi? ada penjelasan ilmiahnya lah?
    He’eh, dulu aku diolesi pake parutan jagung.. lumayan, kada terlalu berbekas di kulit, hehehe… tapi repot jua pang, jagungnya behamburan….😀

    • hady says:

      APA LO BILANG??? GAK BAKALAN KENA LAGI??SALAH KALI AKU INI MASA KECILO NI YE MASA UMUR KU 8 TAHUN UDAH PERNA KWEE GAK TAU NYA UMUR AKU 18 KE NA LAGI ADUH MENDERITA AKU

      • liew267 says:

        ya nda usa marah2 to mas🙂 rasanya sudah ada di tulis memang bisa kena lagi pada saat kekebalan tubuh (sistem imun) sedang rendah kemudian terpapar virsu cacar air maka sangat ada kemungkinan untuk kena lagi..

  2. liew267 says:

    Iy nin ae,soalx pas kena virus tbh mbangun antibodi buat virusx tuh,jd mun ada virus lg dah ada antibodinya jd kd kena lg,kcuali jenis virus ca2rx yg beda,atau pas lg kna virus pas kekebalan tbhnya turun bsa kena lg,.

    It j png yg ku tahu nin ae,he.. Muka ku nah bebekas hiks..Kd telaten png meolesinya..He..Belubang2 jd nya nh hiks..

    • hijau-lumut says:

      Berlubang? tambal ja liew..😀
      mungkin karna aku kena-nya pas SD, makanya kada terlalu berbekas liew ai.. ada pengaruh kalo lah jenis kulit anak SD sama anak kuliahan, makanya kulitnya kada terlalu berlubang, wehehe….
      kasih salep penghilang bekas pang? ku kada ingat nama salepnya ai…

  3. kiki says:

    saya baru saja terkena cacar air ni..hiks..n sekarang lg proses pengeringan..

    wajah n badan dipenuhi bekas bintil2 yg dah menghitam n mengering.bagaimana y kira2 agar bekas nya cepat ilang dan mengelupas dgn lembut..

    jd stres nih,bentar lg kn mo lebaran..huaaa…

  4. liew267 says:

    Yg penting adalah sabar *susah bget*,he..saya dah lbh dr sbulan bekasnya masih blm ilang dseluruh badan.. Jangan dikelupas dg sengaja,ntar bekasx makin parah,tetap mandi,pke air antiseptik biar g infeksi..Nanti pasti lepas sendiri,dan katax kalo lepas sendiri bekasnya juga akan hilang sendiri (sy blm tau,soalx blm hlg juga bekasx)
    Bisa juga diolesi salep plasenta biar bekasx g terlalu parah,tp yg telaten ya😉

    mudahan infonya membantu n smoga cepat sembuh ya.. ^_^

  5. kiki says:

    haha..iya liew..itu sabar mmg susaaahh..
    kmrn mau wawancara kerja jd batal gara2 cacar.:(

    kt tmn nyokap, VCO (minyak kelapa) jg bisa cpt bikin cacar nya mengelupas,sy dah bbrp hari pake,tp blm ada perkembangan si..hehe
    oh y..plasenta ama bioplasenton(buat ilangin luka bakar) itu sm ga yah?..:p

    mdhn2n kt cpt terbebas dr bekas cacar ini..amiinn

  6. liew267 says:

    Iya,maksudx emang bioplasenton (berhubung g mau nyebut merk,hihi..).. Wah,pokokx segala cara yg disaranin dicoba deh,saya aj pake parutan jagung sampe ky mo jadi perkedel,hehe..

    Amin,mudahan bisa hilang bekasx..

  7. Areep says:

    keren yak namanya Chicken Pox (kokbukan ayam yah?)
    @ hijau lumut.
    Kenapa orang yang sudah kena cacar air ndak bakal kena lagi, gampang kok njelasinnya. Sistem kekebalan badan itu ada sistem alami. ada yang bertanggung jawab untuk pengenalan dalam tubuh. Prinsipnya sama aja rumah kalo kemalingan terus ada kamera cctvnya trus kalo tuh orang tiba2 dateng lain hari iseng bertamu, pemilik rumah udah mengenali, jadi tinggal hantam aja gt kali hahaha

  8. subekti says:

    bagai5na cara menghilangkan cacar air yng sudah menjadi coklat??????

    • liew267 says:

      Nanti keropeng coklat kehitamannya lepas sendiri kalo kulit baru sdh tumbuh,.Jangan dilepas paksa,nanti infeksi n mnimbulkan bekas yg parah.. Tetap mandi saja seperti biasa atau pk antiseptik, jd cepat kering..Jangan d garuk ya..

  9. liew267 says:

    Update setelah 5 bulan bekas cacar d tubuh sy sudah ga keliatan bahkan ada yg dah ilang sama sekali.. Kecuali dibeberapa tempat yg dulu lentingya pecah sengaja atau keropengnya sengaja dikelupas.. Nah buat yg masih kena cacar, usahakan JANGAN sampai pecah sblm waktunya n jangan mengelupaskan keropeng2 coklat itu scr paksa supaya nanti tdk berbekas permanen.. Okay? Yg penting sabaaaarrr hehe..

  10. Aja says:

    Mo nanya dong, aku kena cacar air nih udah kering (jadi item2), aku lagi tidur kasur gak sengaja cacar air kegaruk resleting kasurnya……. trus copot aja tuh,,,, ada bekas lubang gitu…

    ada cara ngilanginnya ga ?

  11. liew267 says:

    Coba di olesin salep bioplasenton yg rajin mudah2an bekasx g terlalu besar nantix n terlihat samar.. Soalx kalo g lepas sendiri bekasx susah hilang bhkan bisa permanen,kalo yg lepas sendiri nanti bekasx lama2 bs hilang..

  12. machfudi says:

    ass.wr.wb semoga kalian sehat jangan sampai terkena penyakit berpacaran sampai lupa waktu itu juga bisa jadi penyakit 1. makan terasa gak selera karena kepikiran 2.apalagi sakit rindu obatnya ya bertemu dan kalau patah hati ini yang menjadi masalah bisa menimbulkan penyakit tapi kalian tidak kan sudah mengerti ilmunya berpacaran kalau tidak jodoh dan yang membuat hidup punya maksud lain di beri lebih baik dari dia untuk itu syukuri saja memang bukan jodoh kalian ya enjoi aja cari gantinya siapa tahu itu jodoh kalian lo bro kok ngomong dewi amor maaf penyakit cacar bukan pacaran memang wajah sangat dibutuhkan untuk menyambut tamu dari dalam atau luar negeri apabila bekerja kalian dipublik sebagai penyambut tamu dan apalagi sebagai peragawati atau reporter dalam layar kaca wajah sangat dibutuhkan kalau pelawak gak seberapa butuh yang dibutuhkan humornya mengena di publik dan juga saya dulu pernah terkena cacar sewaktu umur 20 tahun alhamdulillah tidak berbekas padahal sekujur tubuh saya yang terkena dan saya ada yang menyarankan jangan digaruk bisa infeksi kalau sembuh nanti berbekas hitam beri bedak saja dan saya menurut bener kalian mau sembuh gatalnya minta ampun bro terpaksa saya joget terus dan sebelah saya waktu pas memutar lagu dankdut sayup-sayup terdengar ya sambil joget ditempat tidur habis kedokter ya gak mampu pinginnya kedokter dan secara dini imunisasi memang sangat dibutuhkan dan saya lihat ibu-ibu dikampung biasa yang dibuat imunisasi di rumah RT dan rumah warga yang memang layak di pakai yang punya rumah ya mengijinkan sangat senang katanya bisa berkerama dengan ibu-ibu tetangga jauh dan semoga kerukunan antar warga akan terjaga karena bisa saling berkomunisasi nantinya kan bisa akrab apabila bertemu dijalan bisa saling sapa itu juga sebagian dari silaturahmi yang dianjurkan allah s.w.t dan semoga kerukunan antar warga jangan sampai pernah pupus amin ..yarobbalalamin sampai disini saja tulisan saya apabila ada kata saya yang tidak berkenan di hati kalian saya mohon maaf yang sebesar-besarnya saya tutup dengan titik. wassallam

  13. Bali Wedding says:

    ahai artikel ini yang aq cari karena bekas jerawatku lumayan banyak dan berlubang walaupun tidak terlalu dalam sih…….

    aq dah mencoba berbagai cara nie apalagi kulitku tuh sensitif banget dan rentan berjerawat jadi kalau mau pake make up or bedak gitu g’ bisa sembarangan……

    tipsnya bisa dicoba donk……ada efek sampingnya gak ya……salam kenal

    Bali Villa Bali Villas Bali Property

  14. Yeye says:

    Cacar tu berapa hari supaya sembuh total

  15. Andri_Yolan Timor says:

    parah nih cacar air…
    nih aku lagi kena…
    parahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh….
    hikzzzz…..hikzzzzzzzz…
    menderita mode_on nih…

  16. mey says:

    aq juga kena nihhhh…hiksssss…

    jd aga lama yah sampe bekas cacarnya ilang,aq pake zivorax acyklovir,ktnya bs cpt ngeringin n ilangin bekas…

    emg kuncinya hrs sabarrrr..hehe……^_^

    btw,ini hr ke3 aq kena cacar,lg nyeri2nya,n lg gatel2nya…ckckckckckkk…
    sampe item itu semingguan yah..?

    thx.. ^_^

    • liew267 says:

      iya kurang lebih seminggu lah, tapi untuk bnr2 bisa ilang bekasnya sih ampir sebulanan lebih gitu.. jd kesimpulannya klo lg cacar mah adalah ujian kesabaran ^_^ semga cepat ssembuh yaa

  17. fakih76 says:

    gw lg kena ca2r ni,udh 1mingg…lg masa pengeringan…dan hal yg paling d takutin adl timbul bekas hitam di wajah,kl d bdn si masa bodo..bsk brncna beli salep bioplasenton.mg brhsil.cz biar pas msuk kul udh gk brbks lg.he

  18. dioz says:

    nama merk obatnya dunk

  19. Lani says:

    Hai, mau tanya nih soalnya mbak lebih berpengalaman. hehe
    Cacar ku baru pada ngelupas semua, udah gak ada keropeng2 tinggal bekas2 di kulit. Kira2 udah boleh pake pelembab + bedak nya kapan ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s